Kabar Baik, Sudah 4 Zona Hijau di Kota Batam

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad

Metrobatam.com, Batam – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menyampaikan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, per 6 Maret 2021. Dari data tersebut, Kecamatan Sei Beduk sudah nol pasien, atau sudah zona hijau.

“Sei Beduk menyusul tiga kecamatan lain; Belakangpadang, Bulang, dan Galang yang sudah lebih dulu masuk zona hijau,” kata Amsakar, Minggu (7/3/2021).

Bacaan Lainnya

Adapun Sei Beduk, semula sebanyak 682 pasien positif. Dari total itu, sembilan orang meninggal dunia dan 673 pasien sembuh. Sampai 6 Maret 2021, jumlah pasien sudah nol atau berada di zona hijau.

“Semoga tidak ada penambahan pasien lagi. Dan daerah lain segera menyusul menjadi zona hijau,” ujarnya.

Secara keseluruhan, Amsakar menyampaikan, total pasien Covid-19 di Batam mencapai 5.915 pasien. Dari jumlah itu, 5.686 pasien sembuh, 152 pasien meninggal dunia, dan 77 pasien masih dirawat.

“Sejauh ini tingkat kesembuhan pasien sangat tinggi, mencapai 96,1 persen. Kita doakan yang masih dirawat segera sembuh,” kata dia.

Agar pasien dapat sembuh dan masyarakat tidak tertular, Amsakar mengingatkan masyarakat memperketat protokol kesehatan sebagai langkah mempercepat Batam menuju zona hijau. Selain itu, pemerintah juga terus menggalakkan vaksinasi Covid-19.

“Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Kota Batam sedang berlangsung. Pemerintah menargetkan, di tahap ini, mampu menyasar 7.272 orang,” katanya.

Amsakar mengatakan, vaksinasi tersebut dilakukan bertahap sesuai jadwal yang sudah ditentukan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam. Untuk prioritas penerima vaksin, antara lain; wakil rakyat, pejabat negara, tokoh agama, pedagang pasar, guru, petugas keamanan, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan pelayan publik lainnya.

“Pelaksanaan vaksin tahap ini menargetkan 7.272 orang yang akan disuntik hingga akhir bulan ini,” kata Amsakar.

Untuk lokasi vaksinasi dilakukan berbeda sesuai jadwal dan lokasi vaksinasi. Amsakar berharap dengan gencarnya vaksinasi tersebut, membuat penanganan Covid-19 di Batam makin mudah.

“Semenjak pencanangan vaksinasi, alhamdulillah angka penularan makin turun dan angka kesembuhan makin tinggi. Terus terapkan protokol kesehatan; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Ini upaya kita meminimalisir risiko terjangkit Covid-19,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, menyampaikan ada 31 kelompok dalam vaksinasi tahap II tersebut. Jumlah tersebut di antaranya dari kalangan wartawan, anggota DPRD, Polri, TNI, ASN, guru, hingga Lembaga Adat Melayu (LAM). “Jadwalnya sudah ada, dan pelaksanaan vaksinasi sudah ditentukan,” kata dia.

Pos terkait