Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta, Singapura dan Kuala Lumpur Lewat..

Metrobatam.com,Jakarta – Upaya Jakarta mengalahkan dominasi Singapura dan Kuala Lumpur sebagai pusat transportasi mulai terlihat melalui pembangunan terminal baru yang luas di Bandara Soekarno-Hatta. Bandara bertaraf internasional ini nanti diproyeksikan sebagai salah satu bandara terbaik di Asia Tenggara.

Terminal 3 Ultimate yang didesain perusahaan arsitek Australia Woodhead, akan mulai beroperasi dalam beberapa hari mendatang.

Bacaan Lainnya

Ketika beroperasi penuh mulai tahun depan, penumpang Australia yang transit melalui Asia akan memiliki lebih banyak pilihan penerbangan lanjutan. Rencananya terminal baru ini akan menampung 25 juta penumpang internasional pertahun, melayani 70 tujuan penerbangan, jauh lebih banyak daripada 30 tujuan saat ini.

Bila hal itu terwujud, Bandara Soekarno-Hatta akan memiliki kapasitas penumpang internasional sama dengan bandara internasional Kuala Lumpur.

“Kami merencanakannya sebagai pusat transportasi seperi Singapura dan Kuala Lumpur,” kata Ituk Herarindri, direktur fasilitas Angkasa Pura II, yang mengoperasikan Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami mengalami over kapasitas, makanya kami membangun Terminal 3 Ultimate,” jelasnya.

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia akan menjadi maskapai pertama yang menggunakan Terminal 3 Ultimate, namun mulai awal tahun depan, seluruh penerbangan internasional akan menggunakan terminal ini.(mb/tribun)

Pos terkait