Asap Kebaran Hutan di Riau Mulai Hantui Pariwisata Bintan

Metrobatam, Bintan – Kiriman asap kebakaran lahan dan hutan di Sumatera mulai menghantui kegiatan pariwisata Bintan, Kepulauan Riau. Padahal, daerah itu punya serangkaian agenda pariwisata dengan target total 20.000 pelancong asing.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiwan Prawira menuturkan, kabut asap mulai terlihat sejak Jumat (26/8). “Saya khawatir asap makin tebal dan mengganggu agenda yang sudah disiapkan jauh-jauh hari,” ujarnya di Bintan.

Bacaan Lainnya

Kepekatan asap berkurang pada Sabtu sore. Namun, kabut asap lebih tebal pada Minggu (28/8). “Matahari sampai merah karena tertutup asap,” ujarnya.

Luki berharap kabut asap tidak bertambah pekat. Sampai Desember 2016, ada sejumlah agenda wisata olahraga di Bintan.

Setelah triatlon IronMan yang mendatangkan 3.000 pelancong asing, Bintan bersiap menghelat turnamen golf. Turnamen itu menyasar pegolf Asia Tenggara.

Bintan juga sudah menyiapkan lari halang rintang, Spartan 2016 pada November 2016. Lari lintas alam yang disertai halang rintang menarget maniak olahraga alam di kalangan ekspatriat Singapura.

Setelah itu, akan dihelat Moon Run pada Desember 2016. Lomba lari malam hari itu juga membidik pelancong asing. Seluruh acara itu ditarget menyedot sedikitnya 20.000 pelancong asing.

“Mudah-mudahan kabut asap tidak makin pekat. Di Bintan tidak ada kebakaran lahan. Tetapi asap kebakaran di tempat lain terbawa angin kemari,” tuturnya (mb/kompas)

Pos terkait