Yusrizal: Rute Roro Jagoh-Kuala Tungkal Akan Berdampak Pada Pertumbuhan Ekonomi Dua Provinsi

Ilustrasi Kapal-Roro hendak bersandar salah satu pelabuhan di Lingga

Metrobatam.com Lingga – Rute penyebrangan Roll On Roll Off (Roro) dari pelabuhan Jagoh Provinsi Kepulauan Riau ke Kuala Tungkal Jambi direncanakan aktif bulan Februari mendatang, kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Yusrizal.

“Kami sudah mendapatkan informasinya dari ASDP Batam, Februari nanti rute Jagoh-Kuala Tungkal diaktifkan. Kebijakan ini datang dari pusat,” kata dia dihubungi dari Lingga, Sabtu.

Menurutnya, kebijakan pihak ASDP pusat membuka rute Roro antar provinsi Kepri dengan Jambi akan memberi dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi kedua daerah, termasuk juga dampak positif yang akan diterima masyarakat Kabupaten Lingga.

Karena, lanjutnya, Kabupaten Lingga akan terlibat langsung dalam kelancaran arus ekonomi yang akan terbangun antara kedua provinsi tersebut.

Bacaan Lainnya

“Jadi nantinya rute ini hanya sampai ke Jagoh saja. Untuk ke Batam atau ke Tanjungpinang, harus melewati rute Roro regular yang sudah tersedia,” terangnya.

Yusrizal juga meyakini, keberadaannya rute ini akan mempermudah produk-produk pertanian dari daratan Sumatera merambah hingga ke pasar Kepri.

Bahkan dengan jarak tempuh Kuala Tungkal dan Jagoh yang hanya berkisar 60 mil saja, efektif mengurangi disparitas harga produk pertanian tersebut.

“Sementara ini kami belum mengetahui bisa berapa trip dalam seminggu. Tapi harapan kami minimal satu kali seminggu lah,” tutupnya. (MB/Antara)

Pos terkait