oleh

KPK Curigai Integritas Kepala Daerah yang Tak Takut Istri

Metrobatam, Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang menyebut salah satu tolak ukur integritas kepala daerah adalah rasa takut pada ibu atau istri. Mereka yang tak lagi takut pada istri atau ibunya, menurut Saut pantas dicurigai.

“Siapa yang takut sama ibunya atau istrinya di rumah? Kalau tidak takut, saya curiga integritasnya,” kata Saut saat mengisi pembekalan kepemimpinan bagi kepala daerah di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri, Selasa (23/5).

Menurutnya, ibu maupun istri kepala daerah dapat menjadi penyeimbang bagi pemimpin untuk menjaga integritas selama menjabat. Ketiadaan penyeimbang dan pengingat pribadi menyebabkan tingginya angka kepala daerah yang terjerat kasus korupsi hingga tahun ini.

Saut yakin tak ada kepala daerah yang bisa menjalankan tugasnya seorang diri tanpa bantuan orang tua atau pasangannya. Karena itu, ia meminta kepala daerah menjaga hubungan dengan keluarga dan mendorong inspektorat di masing-masing wilayah untuk mengawasi keuangan daerah.

Saut juga meminta Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) di daerah untuk tidak takut membuka temuan dugaan pelanggaran yang dilakukan birokrat atau pejabat publik.

Menurutnya, selama ini kinerja APIP di beberapa daerah telah bagus. Namun, belakangan kinerja positif tersebut menurun karena adanya indikasi ketakutan dalam internal pengawas atas laporan-laporan yang dibuat.

“Belakangan malah stres karena memang proyeksinya tidak maksimal untuk dilakukan pemeriksaan. Makanya kami datang untuk membantu,” kata Saut. (mb/cnn indonesia)

News Feed