VIRAL! Ikan Paus Sepanjang 20 Meter Terdampar di Mentawai, Warga Ramai-Ramai Ambil Dagingnya

Metrobatam, Mentawai – Sebuah akun di media sosial facebook atas nama Tarcius Dianto Saogo mengupload video ikan paus tewas terdampar dekat pantai Dusun Masokut, Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dalam viedo tersebut warga sedang memotong-motong dagingnya untuk dikonsumsi.

Video yang menjadi viral itu di media sosial itu diunggah pada Rabu (26/10) sekira pukul 00.36 WIB dan sampai hari ini sudah ditonton sebanyak 4.200 kali dengan durasi 2 menit 12 detik dibagkan 75 kali dan mendapatkan komentar kasihan terhadap ikan paus tersebut.

Bacaan Lainnya

Saat dikonfirmasi kepada pemilik akun tersebut menjelaskan ikan paus tersebut dilihat oleh warga Masukot yang sedang mencari udang lobster, ikan paus tersebut menepi terus ke pantai.

“Menurut keterangan hari senin sore masih hidup, ada orang Masokut yang pergi menyelam cari udang. Tiba-tiba ikan paus itu menepi terus orang Masokut yang melihat tadi merasa takut. Terus besok paginya yang pergi kemaren mereka pergi lagi. ikan paus itu sudah di diatas karang dan tidak bernyawa lagi. Dan semua warga Masokut, Beriulou dan Desa Bosua termasuk Dusun Katiet, Mongan Bosua dan Sao ikut mengambil ikan itu bang,” katanya pada Okezone, Jumat (27/10).

Dalam video tersebut ada puluhan orang ibu-ibu dan bapak sedang mengiris kulit ikan paus yang sudah mati, di punggug ibu-ibu ada kerangjang yang dipakai untuk tempat daging untuk konsumsi warga. “Ada sekitar sepanjang 20 meter beratnya sekitar 3 ton,” kata Tarci.

Belum diketahui ikan paus tersebut berjenis apa, namun sepanjang tahun ini merupakan kedua kalinya ikan paus terdampar di Mentawai, sebelumnya terdampar pada 2 Januari 2017 di daerah Dusun Jati, Desa Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara dalam mati dan membusuk. BPBD Mentawai bersama dengan warga pada saat itu pun menyeret ikan paus tersebut ke tengah laut. (mb/okezone)

Pos terkait