Blak-blakan Steffy Burase: Sempat Buat Surat Nikah untuk Umrah, Lalu Dibuang

Metrobatam, Jakarta – Tenaga ahli Aceh Maraton 2018, Fenny Steffy Burase angkat bicara soal kabar pernikahannya dengan Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf. Blak-blakan soal kabar pernikahannya tersebut dibeberkan Steffy saat bersaksi di sidang perkara dugaan suap pengalokasian dana otonomi khusus (otsus) Aceh, untuk terdakwa Bupati nonaktif Bener Meriah, Ahmadi.

Steffy mengakui Irwandi memang pernah berjanji akan menikahinya secara resmi. Namun, mantan model cantik tersebut meminta agar Irwandi dapat berlaku adil jika mempunyai dua istri. Irwandi sendiri sebenarnya sudah mempunyai istri yakni Darwati A. Gani.

Read More

“Sebelum memutuskan atau menerima dia menjadi suami saya. kita berencana sama-sama umrah, setelah itu Beliau umrah beserta seluruh keluarganya dan Beliau membuktikan kepada saya bahwa sanggup beristri dua dan bersikap adil,” kata Steffy di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (22/10).

Kemudian, sambung Steffy, untuk memastikan keputusan menikah, dia meminta Irwandi untuk umrah bersama. Irwandi pun telah lebih dulu umrah bersama keluarganya. Setelah itu, Irwandi menjemput Steffy untuk umrah bersama.

“Beliau datang ke Indonesia dan menjemput saya setelah itu kita pergi. Oleh karena itu dibutuhkan surat nikah, karena kan di sana harus ada surat nikah. Surat nikah itu dibawa oleh adik saya dan dibawanya tanggal 24 Maret yang mana memang sudah dibicarakan beberapa bulan sebelumnya,” terangnya.

Irwandi dan Steffy pun sempat membuat surat nikah palsu untuk dapat umrah bersama. Namun setelah selesai umrah, surat nikah itu pun dibuang agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Ia juga telah menceritakan ihwal surat nikah tersebut kepada keluarga Irwandi agar tidak terjadi kesalahpahaman.

“Terus pada saat lebaran, saya ceritakan langsung agar tidak terjadi kesalahpahaman, saat lebaran Pak Irwandi datang ke rumah keluarga saya, kedua orang tua saya, dan kemudian fotonya nyebar ke mana-mana, dan semua orang berpikir itu adalah foto pernikahan. Padahal kami cuma pakai jins dan baju santai,” tutur dia.

Dijelaskan Steffy, usai umrah bersama Irwandi, keduanya sempat membicarakan akan melangsungkan pernikahan resmi pada 5 Juli 2018. Ia juga dimintai tolong oleh Irwandi untuk segera memberitahukan kabar tersebut kepada keluarga dan sanak familinya di kampung halaman Steffy.

“Dia menentukan untuk melakukan pernikahan di tanggal 5 Juli dan saya diminta tolong untuk segera memberitahukan kepada keluarga dan semua orang yang ada di kampung saya untuk siap-siap, Nah itu semuanya ada, dan sampai 3 juli itu Beliau dibawa ke KPK,” pungkasnya

KPK sendiri telah menetapkan Irwandi Yusuf sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap pengalokasian dan penyaluran dana otsus Aceh tahun anggaran 2018. Selain Irwandi, KPK juga menetapkan Bupati Bener Meriah, Ahmadi;‎ serta dua pihak swasta yakni, Hendri Yuzal dan T Syaiful Bahri sebagai tersangka.

Diduga, Gubernur Irwandi meminta jatah sebesar Rp1,5 miliar terkait fee ijon proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018. Irwandi meminta jatah tersebut kepada Bupati Bener Meriah, Ahmadi.

Namun, Bupati Ahmadi baru menyerahkan uang sebesar Rp500 Juta kepada Gubernur Irwandi lewat dua orang dekatnya yakni Hendri Yuzal dan Syaiful Bahri. ‎Diduga, pemberian tersebut merupakan bagian komitmen fee 8 persen yang menjadi bagian untuk pejabat di Pemerintah Aceh. (mb/okezone)

Related posts