Tes Antigen di Posko Penyekatan, Wali kota Cirebon: Memastikan Pemudik yang Balik dalam Kondisi Sehat

METROBATAM.COM. Cirebon – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon bersama Polres Cirebon Kota menyediakan fasilitas tes rapid antigen gratis di titik posko penyekatan guna memastikan warga yang kembali ke tempat tujuan setelah mudik dalam keadaan sehat atau negatif Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis, S.H., saat monitoring Posko Penyekatan Pemudik, Minggu 16 Mei 2021.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Azis, dalam upaya menjaga masyarakat yang tetap memilih untuk melakukan perjalanan mudik, Pemda Kota Cirebon dan Polres Cirebon Kota melakukan pengawasan yang maksimal.

“Di setiap perbatasan Kota Cirebon, bekerjasama dengan Polri dan TNI benar-benar melakukan pengecekan apakah mereka (pemudik) dalam kondisi sehat atau ada gejala-gejala,” ucapnya.

Menurut Azis, pemudik yang lolos dalam perjalanan pulang kampungnya, pada saat ingin kembali ke tempat semula dipastikan sehat dengan tes antigen langsung di posko yang ada.

“Peran TNI dan Polri dalam melakukan penyekatan menjadi sesuatu yang vital, dan Alhamdulillah Kota Cirebon berhasil melakukannya, Pemda melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyiapkan petugas-petugas untuk swab antigen,” ungkap Azis.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP La Ode Habibi Ade Jama, S.Ik., M.H. CPHR., mengatakan, penyekatan dilakukan di Pos Kalijaga. Menurutnya, hari ini merupakan puncak arus balik.

“Besok, Senin 17 Mei 2021 masyarakat sudah melakukan kegiatan normal kembali, jadi hari ini puncaknya,” kata Habibi.

Tidak sampai di situ, lanjutnya, setelah masa pengetatan arus mudik dan balik, pihaknya tetap melakukan kegiatan tersebut sampai tanggal 24 Mei 2021.

“Masih ada kegiatan pasca pengetatan, jadi tanggal 18-24 tetap menyaring pemudik yang akan mengarah balik ke tempat tujuan,” ungkapnya.

Di wilayah hukum Polres Ciko, pada operasi ketupat lodaya 2021 ini, ada 15 pos pemantauan yang didirikan, termasuk di dalamnya empat pos penyekatan yang ditempatkan di wilayah perbatasan, seperti Kedawung, Tangkil, Kalijaga serta perbatasan Penggung-Ciperna.

(Januar/Cirebonkota)

Pos terkait