Pemda Kota Cirebon kembali Salurkan Bansos Paket Sembako

METROBATAM.COM. CIREBON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon kembali salurkan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat terdampak Covid-19. Dana bansos bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cirebon 2021.

Sebanyak 2.175 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Cirebon mendapatkan bansos berupa paket sembako. Paket sembako terdiri dari  beras premium 10 kg, minyak goreng 1 liter, mi instan 10 buah, kecap 1, dan sarden 2 kaleng disiapkan oleh Kantor Bulog Cirebon. Sedangkan untuk distribusi paket sembako bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Cirebon dengan memanfaatkan layanan ojek online. Sehingga KPM tinggal menunggu di rumah dan langsung mendapatkan paket sembako.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., yang membuka secara perdana penyaluran paket sembako di Gudang Bulog Pegambiran, Selasa, 15 Juni 2021, menjelaskan di masa pandemi Covid-19 ini kebahagian masyarakat Kota Cirebon sangat penting.

“Karena kebahagiaan itu yang akan meningkatkan imun kita. Dengan imun yang meningkat, diharapkan semua penyakit, termasuk Covid-19 tidak akan masuk ke dalam tubuh” ungkap Azis.

“Adanya paket sembako untuk keluarga terdampak Covid-19 saya harap juga dapat membahagikan masyarakat. Sehingga imun mereka meningkat,” ungkap Azis.

Pada kesempatan itu, Azis kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa pandemi Covid-19 masih terjadi dan masih banyak pula keluarga yang terdampak. Karenanya, upaya dari pemerintah saja tidak cukup.

“Kita ingat dulu, di awal pandemi Covid-19 kesadaran masyarakat sangat tinggi untuk membantu sesama yang membutuhkan,” ungkap Azis.

Untuk itu, Azis meminta kesadaran untuk membantu sesama kembali digugah. “Dinas terkait bisa memeloporinya. Dengan kekuatan pemerintah dan masyarakat, Azis yakin dampak dari pandemi Covid-19 bisa segera diatasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Dra. Hj. Santi Rahayu, M.Si.,  menjelaskan sebelum melakukan penyaluran paket sembako, mereka terlebih dahulu menyurati camat dan lurah.

“Untuk meminta data keluarga yang berhak menerima namun belum pernah sama sekali mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ungkap Santi. Hingga akhirnya terkumpul data 2.175 KPM yang tersebar di 5 kecamatan.

Masing-masing Kecamatan Harjamukti sebanyak 489 KPM, Kecamatan Kejaksan sebanyak 438 KPM, Kecamatan Kesambi sebanyak 560 KPM, Kecamatan Lemahwungkuk sebanyak 361 KPM, dan Kecamatan Pekalipan sebanyak 327 KPM.

Ditargetkan selama seminggu penyaluran paket sembako untuk 2.175 KPM sudah selesai. “Setelah itu masih ada 2 penyaluran bansos paket sembako lagi,” ungkap Santi.

“Ini berarti, selama 2021 sebanyak 2.175 KPM akan mendapatkan 3 kali paket sembako yang dananya bersumber dari APBD Kota Cirebon,” pungkasnya. (Cirebonkota)

Editor: Januar

Pos terkait