Wakil Wali Kota: Kita Gali Potensi Wisata dan Ekonomi di Pesisir Kota Cirebon

METROBATAM.COM. CIREBON – Pesisir Kota Cirebon memiliki potensi wisata dan ekonomi yang bisa terus dikembangkan. Potensi tersebut segera diusulkan untuk mendapatkan bantuan tidak hanya dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon namun juga dari pemerintah pusat. 

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati usai meninjau nelayan yang melakukan panen kerang hijau di kawasan pesisir, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Kamis, 3 Juni 2021. “Di pesisir ini memiliki potensi kerang hijau,” ungkap Eti. Bahkan ada 15 kelompok nelayan dimana masing-masing kelompok terdiri dari 15 orang. “Mereka juga telah mendapatkan bantuan dari kelurahan,” ungkap Eti.

Namun, lanjut Eti, potensi nelayan yang membudidayakan kerang hijau tetap harus digali. Untuk itu, Pemda Kota Cirebon berencana segera mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat, melalui dana pemulihan ekonomi, untuk mereka. “Karena masih banyak yang bisa dilakukan disini,” ungkap Eti.

Di antaranya memberdayakan ibu-ibu untuk menjadi pengupas kerang hijau. “Karena di sini belum ada,” ungkap Eti. Sehingga seluruh hasil panen dikirimkan ke daerah Bondet, Kabupaten Cirebon. Jika ibu-ibu sudah diberdayakan sebagai pengupas kerang hijau diyakini bisa meningkatkan perekonomian keluarga.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, potensi wisata dari nelayan kerang hijau ini juga bisa digali. “Nanti wisatawan bisa langsung makan disini,” ungkap Eti. Sehingga mereka bisa menikmati kerang hijau maupun hasil tangkapan laut lainnya yang masih segar.

Untuk itu, Pemda Kota Cirebon pun bergerak cepat. “Tadi kami sudah ambil foto-fotonya. Sudah minta datanya juga,” ungkap Eti. Data dan foto tersebut segera diajukan agar nelayan kerang hijau bisa segera mendapatkan bantuan sekaligus menggali potensi ekonomi dan wisata di pesisir Kota Cirebon.

Dalam waktu dekat, program Kotaku juga segera dibangun di pesisir Kota Cirebon. Lengkap dengan kampung warna-warni juga. Sehingga selain mempercantik wajah pesisir Kota Cirebon, potensi pariwisata juga bisa ditingkatkan.

Sementara itu, Dasuki, seorang nelayan yang membudidayakan kerang hijau menjelaskan kelompok mereka memiliki dua rumpon berukuran 12×4 meter persegi.

“Kalau bagus, setahun bisa tiga kali panen,” ungkap Dasuki. Sedangkan hasil panen bisa mencapai 26 ton. “Kelemahannya memang di sini belum ada pengolahan lanjutan untuk kerang hijau,” ungkap Dasuki.

(Januar/Cirebonkota)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *