Jokowi Tantang Sanur Wujudkan Janji Politik

jokowi

Metrobatam.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta gubernur dan wakil gubernur yang ia lantik untuk konsisten memenuhi janji kampanye. Ia juga meminta seluruh gubernur dan wakil gubernur untuk memastikan kebutuhan dasar rakyat terpenuhi.

“Setelah Pilkada serentak berakhir, saatnya melangkah untuk melanjutkan ujian sejarah berikutnya yang maha berat, mewujudkan janji-janji saudara untuk mencapai kesejahteraan rakyat,” kata Presiden seusai melantik tujuh gubernur dan wakil gubernur di Istana Negara, Jumat, 12 Februari 2016.

Presiden mengatakan kini saatnya para gubernur dan wakil gubernur untuk bekerja siang dan malam demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Menurut Jokowi, para gubernur harus bisa menjamin bahwa semua rakyat mendapatkan air bersih, memperoleh listrik, menikmati pelayanan transportasi yang terjangkau serta mengakses pelayanan pendidikan dan kesehatan.

“Jangan lupa, rakyat juga mengharapkan daya beli yang makin kuat dengan tingkat inflasi yang rendah terkendali,” kara Presiden. Jokowi juga meminta gubernur terpilih untuk membuka lapangan kerja baru serta melakukan langkah konkret dalam mengentaskan kemiskinan.

Presiden juga meminta agar gubernur dan wakil gubernur dapat menjadi dwi tunggal yang saling melengkapi dan memperkuat. Jokowi juga mengatakan bahwa gubernur harus dekat dengan rakyat dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

Hari ini Presiden melantik tujuh pasang Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu  Pasangan lain yang dilantik yaitu Drs. Muhammad Sani dan Dr. Nurdin Basirun, S.Sos., M.Si. untuk Kepulauan Riau; Dr. Ir. Irianto Lambrie, M.M. dan Udin Hianggio untuk Kalimantan Utara serta Dr. Ridwan Mukti, M.H. dan Dr. H. Rohidin Mersyah, M.M. untuk Bengkulu.

Kemudian Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. dan Drs. Rudy Resnawan untuk provinsi Kalimantan Selatan, Zumi Zola Zulkilfi, S. TP., MA. dan Dr. Fachrori Umar, M. Hum untuk provinsi Jambi. Prof. Dr. Irwan Prayitno, P.Si., M.Sc., dan Drs. Nasrul Abit yang akan memimpin Sumatera Barat juga dilantik oleh Presiden Jokowi. Olly Dondokambey, S.E. dan Drs. Steven O.E Kandouw menjadi pasangan gubernur dan wakil gubernur dari Sulawesi Utara.

Sebanyak 202 pasang bupati dan walikota terpilih dalam Pilkada serentak 2015 akan dilantik masing-masing gubernur pada Rabu, 17 Februari mendatang.

Sumber Tempo.co

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *