Pertambangan Terkadang Bikin Ekonomi Indonesia Terbuai

jJdWz1awzi

Metrobatam.com, Jakarta – Perekonomian nasional selama ini tidak memiliki basis yang cukup baik. Indonesia terbuai dengan kenikmatan dari hasil pertambangan dan perkebunan, serta sumber daya alam lain.

Hal tersebut diungkap Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution

”Tanpa disadari rupanya hasil pertambangan dan perkebunan umurnya tak panjang. Ada siklusnya,” ujar Darmin.

Akibat keterbuaian tersebut, Indonesia kata Darmin, kini memasuki siklus penurunan hasil-hasil pertambangan dan perkebunan. Keterpurukan pun tak dapat dihindarkan, kalau perbaikan tak segera dilakukan. Salah satunya dengan membangun industri yang kuat.

”Seharusnya dari dulu dibangun industri, di samping pembangunan infrastruktur. Untuk membangunnya perlu beberapa tahun. Infrastruktur dulu, baru industrinya,” katanya.

Menurut Darmin, salah satu sektor industri yang perlu dibangun adalah sektor pariwisata dan industri bidang kelautan, termasuk perikanan. Karena di dua bidang tersebut, Indonesia memiliki kekayaan yang luar biasa. Langkah ini pun diyakini cukup positif. Karena sektor pariwisata dapat menyumbang devisa hingga 18 persen dari total devisa yang ada.seperti dilansir jpnn.com

”Jadi bukan kebetulan pemerintah berusaha mempercepat lahirnya beberapa kawasan pariwisata baru. Bali berhasil karena ada keragaman di sana. Jadi bukan hanya keindahan, kesenian dan kerajinan,” ujar Darmin. (Ls)