Real Sociedad Permalukan Barcelona Di Anoeta

Metrobatam.com – Barcelona memang mendominasi pertandingan, tetapi mereka harus menyerah kalah 1-0 dari Real Sociedad, Minggu (10/4) dini hari WIB, di Anoeta. Blaugrana gagal memaksimalkan peluangnya, sementara Sociedad unggul lewat gol semata wayang Mikel Oiarzabal Ugarte.

Walau masih berdiri di puncak La Liga Spanyol, Barcelona sekarang hanya unggul tiga poin atas Atletico Madrid dan empat poin dari Real Madrid. Adapun La Liga masih menyisakan enam laga lagi.

Read More

Jalannya Pertandingan

Barcelona mengambil inisiatif untuk menyerang di menit awal pertandingan. Mereka mendominasi penguasaan bola, seperti biasa, sembari mencari celah di pertahanan Sociedad. Beberapa peluang setengah matang tercipta, tetapi tak satu pun mampu mengancam gawang Sociedad.

Di tengah dominasi itu, tiba-tiba Sociedad menyengat Barcelona. Lewat serangan balik cepat, mereka mengirim bola ke sektor kanan dan Xabi Prieto langsung melambungkan umpan silang ke kotak penalti. Mikel Oiarzabal Ugarte berhasil menanduk bola, mengarahkannya tepat ke sudut gawang Claudio Bravo.

Terciptanya gol tersebut membuat Barcelona meningkatkan daya gedor. Mereka mengirim banyak pemain untuk menyerang, tapi Sociedad mengimbanginya dengan menumpuk pemain di belakang. Celah tak kunjung ditemukan dan laga bergulir datar hingga penghujung babak pertama.

Satu peluang emas berhasil dicatatkan oleh Blaugrana jelang jeda. Neymar beraksi di sektor kiri, mengirim umpan mendatar ke kotak penalti, dan langsung disambar oleh Arda Turan. Bola nyaris masuk ke gawang, tapi Geronimo Rulli melakukan penyelamatan gemilang, menjaga gawangnya tetap perawan.

Paruh kedua, Luis Enrique mengganti Rafinha dengan Andres Iniesta untuk menambah kreativitas. Walau begitu, kehadiran sang gelandang tak langsung memberikan dampak. Rapatnya pertahanan Sociedad membuat tim tamu kewalahan. Satu tembakan spekulasi dilepaskan oleh Iniesta, tapi mampu dibaca dengan baik oleh Rulli.

Blaugrana mendominasi penguasaan bola, tetapi Sociedad mampu menjaga disiplin bertahan dengan bauk. Pergerakan Lionel Messi, Neymar, dan Munir yang kurang padu pun gagal membongkar pertahanan tersebut. Frustrasi, Enrique menambah daya kreasi dengan memainkan Ivan Rakitic dan Jordi Alba.

Sociedad mengorbankan daya gedornya. Mereka memang kesulitan menciptakan peluang, tetapi itu semua dilakukan demi membungkam dominasi Barcelona. Seiring mendekati akhir, Barcelona mulai sering melepaskan sepakan-sepakan jarak jauh.

Hingga peluit panjang dibunyikan, Barcelona masih belum mampu menemukan celah dan mencetak gol penyama kedudukan. Sociedad keluar sebagai pemenang dengan gol tunggal Oyarzabal.

Susunan Pemain

Sociedad XI: Rulli; Elustondo, Reyes, Mikel, De la Bella; Prieto, Granero, Illarra; Oyarzabal, Vela, Zurutuza

Barcelona XI: Bravo; Sergi Roberto, Pique, Mascherano, Alves; Busquets, ArdaTuran, Rafinha; Messi, Munir, Neymar

Sumber : Goal

 

Related posts