Awas Pungli di Lapangan Pamedan.! Parkir Cuma Seribu, Diminta Rp5 Ribu

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Warga Kota Tanjungpinang kesal dengan ulah petugas parkir di lokasi Bazar Ramadhan, Lapangan Pamedan, Jl Ahcmad Yani yang meminta uang parkir seenaknya saja. Padahal dalam spanduk dilokasi jelas-jelas dibuat bahwa tarif parkir untuk roda 2 Rp 1000 dan roda 4 Rp 2000. Pungli yang dilakukan petugas parkir ini sudah dikeluhkan saat awal Ramadhan, namun belum ada tindakan dari pihak berwenang.

“Wah parah bang, bukan apa ya.., seharusnya kan cuma Rp2000, malah kadang-kadang mereka seenaknya minta Rp5000. Kupon pun nggak dikasih. Kalau motor saya hilang, lalu saya tak pegang kupon, lantas kemana saya mau klaim,” ujarnya seorang pengunjung bazar Ramadhan kesal kepada Metrobatam.com, Sabtu sore, (19/6).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, cara-cara petugas parkir meminta uang parkir udah tidak pantas lagi, malah terkesan memaksa. “Minta maksa pula tu bang, kalau dikasih Rp 1000 tak mau dia bang, saya minta kupon pun tak di kasih,”katanya lagi.

Berdasarkan pantauan Metrobatam.com, tiap hari bazar Ramadhan di Lapangan Pamedan selalu ramai dikunjungi oleh warga Tanjungpinang untuk membeli jajanan berbuka puasa. Menariknya, para pembeli disini tidak hanya kaum muslim saja, tapi juga banyak dari non muslim dan warga Tionghoa. Diperkirakan ratusan, bahkan mencapai ribuan kendaraan tiap hari yang datang ke lokasi bazar. Dengan ramainya kendaraan ini, diperkirakan juga pendapatan parkir yang peroleh setiap harinya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Sementara itu, Ketua Pengawas Bazar Ramadhan, Beni, yang di jumpai metrobatam.com beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa biaya parkir tersebut adalah 1000 rupiah dan langsung di berikan karcis.

“Untuk parkir bukan kita yang ngurus tapi pemuda setempat dan biaya parkir 1000 rupiah untuk roda 2 dan 2000 rupiah untuk roda 4, dan langsung ada karcisnya bang,”paparnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), Wan Syamsi, menghimbau masyarakat untuk membayar parkir sesuai dengan harga tiket yang telah ditentukan. “Bayar sesuai harga yang tertera ditiket, jangan bayar lebih,” ujar Wan Syamsi saat dikonfirmasi melalui media ini melalui sambungan telpon.

Wan juga menghimbau agar masyarakat harus jeli terhadap pelanggaran yang dilakukan para petugas parkir. “Harus tahu aturan, jeli dan waspada terhadap pelanggaran. Jangan bayar parkir kalau tak ada tiket, jangan bayar lebih kalau harga ditiket itu sudah ada,”himbaunya.(Budi Arifin)

Pos terkait