Gubernur Kepri dan Ketua DPRD Kepri Beri Semangat Kafilah MTQN di Lombok

Metrobatam.com, Lombok – Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun hadir dalam pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVI 2016 di Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (30/7/2016). Kehadiran Gubernur ini adalah dalam rangka memberikan support secara moril kepada kafilah Kepri sebagai pemegang juara umum MTQN ke XXV di Kota Batam tahun 2014 silam. Dengan harapan para para qari’ dan qari’ah Kepri bisa tampil maksimal di ajang MTQN di Lombok ini dan pulang dengan prestasi yang membanggakan.

Hadir juga ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mendampingi Gubernur Kepri Nurdin Basirun pada kesempatan ini. Baik Nurdin maupun Jumaga, keduanya juga telah mengunjungi basecamp kafilah Kepri selama mengikuti MTQN XXVI di Kota Lombok, yakni di Hotel Pratama di Jalan Adi Sucipto, NTB.

Bacaan Lainnya

MTQN XXVI 2016 ini sendiri dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, bertempat di Islamic Centre Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram. Pembukaan dilakukan sekitar pukul 20.00 WITA. Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang diawali sambutan dari Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi, kemudian sambutan Sekjen Rabithah Alam Islam Abdullah Al Turki, hingga sambutan Menteri Agama Lukman Hakim.

Adapun Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai negeri dengan jumlah penduduk Islam terbesar di dunia, MTQN ini harus menjadi budaya yang terus dilestarikan.

“MTQ harus mampu membumikan Alquran sehingga lebih dipahami dan dilaksanakan masyarakat,” ujar presiden pada kesempatan ini.  Presiden juga berpesan kepada seluruh peserta MTQN XXVI kali ini, meskipun menjadi yang terbaik adalah tujuan dari seluruh qari dan qariah. Namun paling utama adalah bagaimana menjadikan iven akbar ini sebagai ajang syiar dan dakwah agama Islam.

“Dengan mengucap Basmallah, MTQ Nasional XXVI ini saya buka,” ujar Jokowi dan dilanjurkan dengan pemukulan Gendang Belek khas NTB didampingi Gubernur NTB dan Menteri Agama RI Luqman Hakim.

Tampak hadir juga dalam acara pembukaan MTQN XXVI ini sejumlah tokoh nasional seperti diantaranya Hidayat Nur Wahid, Fahri Hamzah, hingga Gubernur Banten Rano Karno.

Adapun, berdasarkan data yang ada tercatat sekitar 1.193 peserta perwakilan dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia yang siap bertanding dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVI yang digelar hingga 6 Agustus 2016 mendatang. MTQN XXVI kali ini mengangkat tema ‘MTQ Mewujudkan Revolusi Mental dalam Rangka Pengamalan Islam Rahmatan Lil Alamin’.

Pelaksanaannya sendiri disebar di beberapa tempat seperti Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah. Sebelumnya NTB sendiri pernah sukses menjadi tuan rumah MTQN pada 43 tahun silam atau pada tahun 1973.

Mb/Kepriprov

Pos terkait