Pemprov Kepri Akan Bangun Jalan dan Pelabuhan Rakyat di Karimun

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat berkunjung ke Pasar Puan Maimun Karimun.(foto: Batampos)

Metrobatam.com, Karimun – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berencana membangun jalan menuju Pasar Puan Maimun Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, untuk mendorong kelancaran perdagangan rakyat.

“Dinas PU akan mengukur panjang jalan yang direncanakan tersebut. Pembangunannya kami upayakan terealisasi pada tahun depan,” kata Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat meninjau Pasar Puan Maimun yang berlokasi di Sei Lakam, Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Bacaan Lainnya

Menurut Nurdin, jalan tersebut akan dibangun melingkari pasar tradisional tersebut, dengan memanfaatkan lahan yang telah dibebaskan Pemkab Karimun.

Rencana pembangunan jalan tersebut, menurut dia, akan berdampak positif bagi aktivitas perdagangan di pasar yang terdiri dari dua bangunan dengan tiga lantai tersebut.

“Lalu lintas kendaraan juga akan terbagi dengan dibukanya jalan baru, sehingga bisa mengatasi kemacetan,” katanya.

Pasar Puan Maimun yang dibangun dengan anggaran ratusan miliar rupiah itu, menurut Nurdin, diproyeksikan sebagai pasar semi modern, namun tentunya harus didukung dengan sarana infrastruktur yang memadai.

Selain pembangunan jalan, di sisi laut juga direncanakan akan dibangun sebuah pelabuhan rakyat tempat bongkar muat barang dagangan para pedagang yang berjualan di Pasar Puan Maimun.

Warga dari pulau-pulau yang ingin berbelanja di Pasar Puan Maimun, menurut dia, juga bisa memanfaatkan pelabuhan tersebut.

“Selama ini, warga pulau memanfaatkan pelabuhan rakyat yang jauh dari lokasi pasar. Ke depan, mereka bisa turun di pelabuhan yang akan kita bangun itu dan jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi pasar,” tuturnya.

Pasar Puan Maimun dibangun beberapa tahun lalu, semasa Nurdin masih menjabat Bupati Karimun.

Pasar tersebut ditempati para pedagang yang sebelumnya berjualan di Pasar Puakang yang ditutup karena kondisinya sudah tidak layak dijadikan sebagai pusat perdagangan masyarakat.

Saat berkunjung ke pasar tersebut, Gubernur berdialog dengan sejumlah pedagang yang memanfaatkan momentum tersebut untuk menyampaikan keluhan dan aspirasinya terhadap kondisi pasar.

Mb/Antara

Pos terkait