Pejabat Bakamla Ditangkap KPK, Susi: Mudah-mudahan yang Lain Jera

Metrobatam, Jakarta – Deputi Badan Keamanan Laut (Bakamla), Eko Susilo Hadi, ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, berharap hal ini membuat jera pejabat lain yang juga masih melakukan praktik korupsi.

“Mudah-mudahan buat jera yang lain,” kata Susi kepada detikFinance, Kamis (14/12).

Read More

Menurut Susi, dengan sering adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) ini maka diharapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bisa aman dari korupsi.

“Makin sering OTT makin baik. Supaya APBN aman dari korupsi,” kata Susi.

Selain Eko, KPK juga menangkap 4 orang terkait OTT tersebut. Semuanya masih diperiksa intensif sampai Rabu malam kemarin.

Suap ini diduga dilakukan terkait dengan pengadaan barang di Bakamla. Pengadaan yang dilakukan Bakamla terkait bidang sistem surveillance, seperti long range camera, monitoring satellite, dan pengadaan backbone coastal surveillance system.

Dari penangkapan ini, KPK menyita uang pecahan dolar Amerika Serikat dan dolar Singapura. Jumlahnya masih dihitung

KPK sendiri baru akan menggelar konferensi pers terkait OTT Deputi Bidang Informasi Hukum dan Kerja Sama Bakamla Eko Susilo Hadi dan 3 pihak swasta. Hingga saat ini mereka masih diperiksa intensif.

“Sebelum siang, kita akan sampaikan update rincian finalnya terkait siapa atau apa saja tindak pidana korupsi,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Kamis (15/12).

Febri masih enggan membeberkan perkara apa yang membuat Deputi Bidang Informasi Hukum dan Kerja Sama Eko Susilo Hadi, ditangkap penyidik KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT).

“Belum bisa kita sampaikan rinciannya, karena tim masih memeriksa secara intensif untuk memperkuat penyidikan,” sambung Febri.

Eko terjaring OTT terkait dengan dugaan suap atas pengadaan barang di Bakamla. Dari penangkapan, KPK juga menyita uang pecahan dolar Amerika Serikat (USD) dan dolar Singapura (SGD).

Sebelumnya Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Arie Soedewo menyebut pengadaan yang dilakukan Bakamla terkait bidang sistem surveillance. Pengadaan tersebut di antaranya long range camera, monitoring satellite dan pengadaan backbone coastal surveillance system.

“Ini pengadaan-pengadaan barang di Bakamla, satelit monitoring,” sebut Alex saat dikonfirmasi pengadaan yang dimaksud.(mb/detik)

Related posts