Hari Ini, Polda Jabar Tentukan Status Habib Rizieq

Metrobatam, Bandung – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Barat Senin siang ini menggelar perkara pelecehan terhadap Pancasila yang diduga dilakukan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Gelar perkara tersebut merupakan lanjutan dari penyelidikan yang telah dilakukan polisi setelah menerima pelimpahan laporan dari Bareskrim Mabes Polri, Jakarta.

Read More

“Pelaksanaannya di Polda Jabar, sekira jam 12 (siang) lah,” ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus, Senin (23/1).

Tidak ada pengamanan khusus di Mapolda Jabar menyusul adanya gelar perkara penistaan Pancasila. Polisi juga belum bisa dipastikan siapa pihak terlapor dan pelapor yang akan menghadiri gelar kasus itu.

Penyidik Polda Jabar sudah menaikkan status kasus Habib Rizieq tersebut dari penyelidikan ke penyedikan, namun belum ada tersangkanya. Jika dalam gelar perkara hari ini ditemukan minimal dua alat bukti, penyidik akan menetapkan tersangkanya.

Rizieq dilaporkan Sukmawati Soekarnoputri ke Bareskrim Mabes Polri akhir 2016 atas kasus dugaan penghinaan pancasila dalam ceramahnya pada 2011. Karena lokasi kejadiannya di Bandung, kasus pun dilimpahkan ke Polda Jabar.

Dalam penyelidikannya, 15 saksi termasuk saksi ahli telah dimintai periksa polisi. Namun, penyidik belum menetapkan tersangka. Status Rizieq masih sebatas telapor, namun jika dalam gelar perkara ditemukan alat bukti, status Rizieq bisa berubah menjadi tersangka.(mb/okezone)

Related posts