oleh

Harap Miryam Datang di Sidang, KPK: Tolong Sampaikan Kebenaran

Metrobatam, Jakarta – KPK tetap menaruh harapan agar Miryam S Haryani menyampaikan kebenaran dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi proyek e-KTP pada Kamis (30/3). Anggota DPR itu absen ketika seharusnya dikonfrontasi pada sidang Senin (27/3) kemarin.

“Kita berharap Kamis datang. Kalau KPK kan sudah komitmen menghadirkan. Sekali lagi kami juga akan menyampaikan kepada Miryam untuk menyampaikan yang benar karena jika berkata tidak benar pasti akan ada ancaman pidananya,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada detikcom, Senin (27/3) malam.

Sedianya Miryam dikonfrontasi dengan 3 penyidik KPK karena merasa ditekan ketika diperiksa. Miryam menyampaikan adanya tekanan itu ketika memberikan kesaksian dalam persidangan sebelumnya, Kamis (23/3).

Miryam juga mencabut seluruh keterangannya dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Terkait itu, KPK menegaskan proses penyidikan berlangsung profesional. Bila diperlukan, nantinya KPK akan membuka rekaman pemeriksaan dalam sidang.

“Tergantung apa yang disampaikan tadi. Kita kan selidiki apakah ketiga penyidik tersebut melakukan tekanan. Tapi setiap pemeriksaan kita sudah sesuai standar,” ucap Febri.

Dalam sidang korupsi e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto, Miryam urung hadir dengan alasan sakit. Miryam juga tidak menghadiri rapat DPP Hanura pada hari yang sama.
(mb/detik)

News Feed