Anas Sebut SBY Arahkan Demokrat Dukung Proyek E-KTP, Syarief Hasan: Tapi Bukan untuk Dikorupsi!

Metrobatam, Jakarta – Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum menyebut peran Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai pihak yang mengarahkan partai berlambang bintang mercy tersebut untuk mendukung proyek e-KTP di DPR. SBY saat itu sebagai Ketua Dewan Pembina Demokrat, sedangkan Anas Ketua Fraksi Demokrat di DPR.

“Ada arahan dari Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, ketika itu SBY. Di mana, agar setiap kebijakan pemerintah (proyek e-KTP) didukung Fraksi Demokrat, dan fraksi koalisi‎,” kata Anas saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (6/4).

Bacaan Lainnya

Menanggapi pernyataan Anas, Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan menegaskan pada dasarnya saat itu Fraksi Demokrat memang harus menyukseskan program pemerintah. Namun, arahan yang dimaksud bukan untuk melakukan korupsi.

“Jadi begini, pada dasarnya fraksi itu kan memang harus menyukseskan program pemerintah, mungkin ketika itu e-KTP tapi tidak ada perintah untuk dikorupsi dan tidak perintah harus akan di-mark up. Karena programnya itu kan bagus, tetapi yang salah karena dikorupsi,” ujarnya kepada Okezone, Kamis (6/4).

Sebelumnya, dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Anas mengungkapkan bahwa SBY memberikan arahan agar Fraksi Demokrat mendukung proyek E-KTP. Namun, Anas membantah fraksinya turut mengawal anggaran proyek e-KTP yang sedang digodok di DPR.

Terlebih saat ini proyek tersebut berujung kerugian negara hingga Rp2,3 triliun dari nilai total proyek Rp5,9 triliun. “Saya kira tidak ada pengawalan. Tak ada instruksi dari Fraksi Demokrat mengawal anggaran e-KTP di DPR,” ujar Anas di persidangan di Pengadilan Tipikor.

Anas membeberkan terkait dengan arahan SBY di proyek e-KTP untuk Demokrat selalu dibahas dalam rapat jajaran fraksi di DPR‎ setiap Jumat kala itu.

“Jadi setiap rapat fraksi, setiap hari Jumat, dan sampai menjelang hari Jumat ada catatan notulensi rapat, tidak ada itu di e-KTP,” ungkap Anas.(mb/okezone)

Pos terkait