oleh

Sidang Vonis Ahok, MA: Putusan Hakim Pasti Sesuai Fakta Persidangan

Metrobatam, Jakarta – Terdakwa kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut). Mahkamah Agung (MA) memastikan, majelis hakim akan memutuskan perkara Ahok sesuai fakta persidangan.

“Kami minta seluruh pihak untuk menghormati putusan hakim, putusan hakim pasti sesuai fakta persidangan,” ujar Kabiro Humas dan Hukum MA Ridwan Mansyur, saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (9/5).

Ridwan mengatakan, putusan hakim pasti ada yang membuat salah satu pihak kecewa. Dia menyadari, putusan persidangan tidak bisa mengakomodir semua pihak. “Kita paham pasti ada pihak yang tidak menerima putusan, ada yang menerima. Tapi kalau tidak puas silakan tempuh jalur hukum lain,” ucapnya.

Ridwan juga mengimbau kepada massa untuk tidak melakukan aksi anarkis. Dia berharap seluruh pihak lapang dada menerima putusan hakim di perkara Ahok.

“Jangan disalurkan ke tindakan anarkis atau tindak di luar ketentuan hukum. Gunakanlah saluran hukum karena kita ini negara hukum,” tutur Ridwan.

Disiapkan Helikopter

Sementara itu sebuah helikopter kepolisian disiagakan di lapangan Gedung Kementerian Pertanian jelang pembacaan vonis terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus dugaan penistaan agama. Heli tersebut disiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

“Untuk escape (melarikan diri). Kita menggunakan dua pola atau cara untuk melakukan tindakan escape, satu menggunakan kendaraan, satu menggunakan heli,” kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan di depan Gedung Kementan, Jl RM Harsono, Jakarta Selatan, Selasa (9/5).

Helikopter tersebut diparkir di lapangan upacara Kementan. Heli diketahui tiba sekitar pukul 06.00 WIB. Tak ayal, heli tersebut menjadi objek foto sejumlah orang. Termasuk beberapa pegawai Kementan.

Kendaraan yang disiapkan untuk mengantisipasi massa antara lain watercanon dan barracuda. Di luar Gedung Kementan pun telah penuh oleh massa, baik yang pro maupun kontra Ahok.

Sementara pantauan di Auditorium Gedung Kementan sekitar pukul 07.55 WIB, pengunjung masih tampak antre memasuki ruang sidang. Pemeriksaan tak hanya barang bawaan, tapi juga untuk badan.(mb/detik)

News Feed