KPK Siap Hadapi Sidang Perdana Setya Novanto di Pengadilan Tipikor

Metrobatam, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap untuk menghadapi sidang perdana tersangka Setya Novanto (Setnov) dalam kasus korupsi e-KTP di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Rabu 13 Desember 2017.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menegaskan bahwa Jaksa penuntut telah mempersiapkan segala materi persidangan secara matang. Oleh karenanya, kata dia, pembuktian keterlibatan Setnov dalam kasus korupsi e-KTP ini akan terbukti dalam persidangan.

Bacaan Lainnya

“Seluruh hal yang dbutuhkan untuk menghadapi proses pembuktian sudah kami siapkan,” kata Febri saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (12/12).

Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan itu, kata Febri merupakan hal yang sudah biasa dilakukan oleh lembaga antirasuah. Sehingga, Febri menekankan tak ada hal yang harus dibesar-besarkan saat ini. “Persidangan besok adalah persidangan biasa,” ucap Febri.

Sidang perdana untuk tersangka Setnov dalam kasus korupsi e-KTP yang merugikan keuangan negara sebesar Rp2,3 triliun ini akan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Yanto dan empat anggota Majelis Hakim yakni Franky Tambuwun, Emilia Djajasubagja, Anwar, dan Ansyori Syaifudin.

KPK kembali menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, tahun anggaran 2011-2012. Penetapan tersangka Novanto sejalan dengan telah diterbitkannya Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) pada 31 Oktober 2017.

Setnov diduga melakukan korupsi bersama Anang Sugiana Sudiharjo, Andi Agustinus, Andi Narogong, Irman, dan Sugiharto.

Atas perbuatannya, S‎etya Novanto disangkakan melanggar pasal 2 ayat (1) subsider Pasal 3 Undang-Undang Republik Inonesia Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor Juncto pasal 55 ayat (1) ke-1‎ KUHP‎. (mb/okezone)

Pos terkait