Zul Zivilia Divonis Penjara 18 Tahun dan Denda Rp 1 Miliar

Metrobatam, Jakarta – Setelah melewati proses panjang, Zulkifli atau Zul Zivilia bersama ketiga teman akhirnya menghadapi sidang putusan kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu (18/12) siang.

Untuk Zul Zivilia, hakim menyatakan bersalah dan memberikan vonis hukuman penjara 18 tahun serta denda Rp1 miliar.

Bacaan Lainnya

“Menyatakan terdakwa Zulkifli secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak dan melawan hukum menjadi perantara narkotika golongan satu bukan tanaman lebih dari 5 gram,” ucap ketua hakim.

“Menjatuhkan hukuman penjara selama 18 tahun dan denda Rp1 miliar. Apabila tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama 1 tahun,” tegas hakim kemudian ketuk palu dalam persidangan.

Dalam vonis hakim, terdapat beberapa pertimbangan yang meringankan serta memberatkan hukuman Zul.

Untuk poin yang meringankan, Zul dianggap sudah mengakui perbuatannya dalam persidangan. Sementara dalam poin yang memberatkan, perbuatan Zul dinilai tidak mendukung program pemerintah dalam memerangi peredaran narkoba.

Mendengar hal itu, istri Zul ‘Zivilia’, Retno, langsung menangis di ruang sidang. Ia seakan berat menerima kenyataan tersebut.

Meskipun begitu, harapan Zul ‘Zivilia’ terwujud. Hakim mengabulkan doanya untuk meringankan hukuman.

Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Zul ‘Zivilia’ dengan hukuman seumur hidup. Ia didakwa sebagai pengedar narkoba.

Pelantun ‘Aishiteru’ itu disangkakan Pasal 114 ayat 2 juncto 132 ayat 1 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (mb/tabloid bintang)

Pos terkait