oleh

Kapolda Perintahkan Gelper Ditutup, Sekarang akan Dibuka Lagi

Metrobatam.com, Batam – Kapolda Kepri, Brigjen Pol Sam Budigusdian diawal tugasnya di Kepri membuat gebrakan dengan memerintahkan seluruh jajarannya untuk menutup Gelanggang permainan (Gelper) yang ada di Kota Batam.

“Hari ini saya perintahkan Gelper untuk di tutup. Tidak ada negosiasi lagi,” kata Kapolda  Kamis (24/3/2016) lalu.

Menurutnya, ketetapan ini sudah dipelajari bersama dan tentunya sudah di koordinasikan. “Sudah beberapa hari ini kita pelajari. Mulai hari ini kita akan melakukan razia. Tidak ada lagi gelper yang boleh di buka di Kota Batam. Walaupun punya izin, maupun tidak tetap kita tutup, tidak ada lagi yang ‘main-main’ di belakang,” sambungnya.

Namun saat ini, Pengelola gelanggang permainan elektronik (gelper) mendapat angin segar. Pasalnya, ada informasi yang menyebutkan bahwa sebanyak 18 lokasi Gelper kemungkinan bisa beroperasi kembali dalam waktu dekat ini.

Kasat Reskrim Polresta Barelang Kompol Memo Ardian membenarkan informasi tersebut. Dia mengatakan, semua lokasi masih dalam evaluasi tim. Nantinya tim akan menentukan mana lokasi yang perizinannya sudah lengkap dan memenuhi syarat atau sebaliknya.

“Rencana ada 18 lokasi saja yang dibuka kembali. Namun kapan waktunya, menunggu tim selesai melakukan verifikasi,” ujar Memo, Kamis (12/5).

Ditambahkan, tim telah melakukan verifikasi di lapangan sejak tiga hari belakangan untuk memeriksa kelengkapan dokumennya. Nantinya, mana saja lokasi yang sudah diverifikasi, akan diumumkan oleh BPM-PTSP.

Pantauan di beberapa titik, tim yang melibatkan belasan orang itu mendatangi semua lokasi yang sudah ditutup oleh pihak kepolisian. Saat datang, tim melakukan pemeriksaan dokumen semua lokasi dan juga memeriksa mesin sesuai izin yang dikeluarkan oleh BPM-PTSP.

Sementara Kasubdit Perizinan Sosial BPM PTSP Kota Batam, Rudi Oktaviano, menambahkan, sejauh ini pihaknya telah memverifikasi sebanyak 30 lokasi. “Perizinan mereka kita periksa sesuai ketentuan. Mereka bisa buka kembali jika lolos verifikasi,” katanya singkat. (mb/tribun/haluan)

News Feed