Hari Ini, Sidang Praperadilan Buni Yani Digelar di PN Jakarta Selatan

Metrobatam, Jakarta – Buni Yani akan menjalani sidang praperadilan hari ini. Sidang akan dipimpin hakim tunggal Sutiyono.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Made Sutrisna mengatakan sidang itu akan digelar, Selasa (13/12). Sidang hari ini merupakan pembacaan surat permohonan praperadilan.

Read More

“Sidang akan dipimpin hakim tunggal Sutiyono dengan agenda pembacaan surat permohonan praperadilan,” ujar Made saat dihubungi Senin (12/12) malam.

Sidang kemungkinan akan dimulai pukul 10.00 WIB. Hal ini dikarenakan sebelumnya sidang menunggu berbagai pihak yang akan hadir.

“Kemungkinan jam 10.00 WIB mulainya, karena ini sidang pertama kita menunggu berbagai pihak yang akan hadir dulu. Di agenda memang jam 09.00 WIB tapi kita menunggu dulu biasanya,” katanya.

Pemohon juga dipastikan hadir dalam sidang tersebut. Sementara itu termohon belum dapat dipastikan kehadirannya. “Yang pasti pemohon. Kalau termohon kita belum tahu hadir apa tidak,” ujarnya.

Gugatan Buni Yani ini dilayangkan menyusul penetapan dirinya sebagai tersangka. Buni menganggap penetapan tersangka terhadapnya tidak sesuai KUHAP. “Mohon doanya agar diberikan kelancaran dan kemenangan,” ujar kuasa hukum Buni Yani, Aldwin Rahadian kepada detikcom, Senin (12/12).

Pihak Buni Yani optimistis menang dalam sidang praperadilan yang dilayangkan untuk menggugat penetapan tersangka. 30 tim kuasa hukum akan hadir dalam sidang perdana praperadilan di PN Jakarta Selatan hari ini.

“Kita siap untuk menjalani sidang perdana, segala macam kita siapkanlah termasuk kalau perjalanan sidang ke depan ini dibutuhkan para saksi ahli, kita sudah siapkan semua. Jadi insya Allah kita optimis menang,” ujar Aldwin Rahadian.

Aldwin mengatakan, Buni Yani juga akan hadir dalam sidang perdana hari ini. Selain itu, puluhan tim kuasa hukum juga akan hadir mengikuti jalannya persidangan.

“Insya Allah itu sekitar 30 orang tim hukum (hadir). Kita mohon doanya untuk seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Sidang itu dijadwalkan digelar di PN Jaksel sekitar pukul 09.00 WIB. Pihak Polda Metro Jaya selaku tergugat mengaku optimistis memenangkan praperadilan tersebut. “Iya kita siap, optimis saja (menang),” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwon, Senin (12/12).

Argo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan Bidang Hukum (Bidkum) sebagai tim kuasa hukum yang akan ‘bertarung’ di sidang praperadilan tersebut.

Gugatan praperadilan tersebut dilayangkan pihak Buni Yani menyusul penetapan tersangkanya. Buni menganggap penetapan tersangka terhadapnya tidak sesuai KUHAP. (mb/detik)

Related posts