oleh

Jumlah ODP di Riau Meningkat Jadi 3.277, 21 TKI dari Malaysia Tiba di Dumai

Metrobatam, Pekanbaru – Update data pantauan virus Corona (COVID-19) di Riau terus terjadi peningkatan. Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 3.277 orang.

Data tersebut dilansir situs resmi Pemprov Riau corona.riau.go.id Kamis (26/3/2020). Jumlah OPD 3.227 ini naik dibanding sehari sebelumnya 2.438 orang.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 70 orang. Sebanyak 50 orang masih dalam perawatan. Sementara 20 orang sudah pulang dinyatakan sehat.

Kasus positif corona masih tetap 1 orang. Ini merupakan warga Pekanbaru pria usia 60 tahun yang ikut tablig akbar di Malaysia.

Dalam pencegahan wabah corona ini, Gubernur Riau Syamsuar bersama tokoh lintas agama, MUI, Forkompinda telah sepakat agar masyarakat melaksanakan ibadah di rumah.

Besok juga ditiadakan salat Jumat yang diganti dengan salat zuhur di rumah masing-masing. Selain itu Riau juga akan dijadikan tempat pintu masuknya deportasi para TKI dari Malaysia lewat pelabuhan di Kota Dumai.

21 TKI dari Malaysia Tiba di Dumai

Sementara itu sebanyak 21 TKI dari Malaysia tiba di pelabuhan Dumai setelah transit di Tanjungbalai Karimun, Kepri. Mereka berasal dari sejumlah provinsi di Sumatera.

“Hari ini ada 21 TKI yang dipulangkan lewat pelabuhan Dumai setelah sebelumnya transit di Tanjungbalai Karimun. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Indonesia,” kata Kepala Diskominfo Riau, Chairul Riski, kepada detikcom, Kamis (26/3/2020).

Riski menjelaskan para TKI tiba di Dumai pada pukul 15.00 WIB di pelabuhan domestik Bandar Sri Junjungan, Kota Dumai, terpaut 200 km arah utara dari Pekanbaru.

“Dari 22 TKI tersebut, 18 orang laki-laki dan 3 perempuan. Mereka tiba dengan menggunakan kapal Dumai Line dan kapal Batam Jet,” kata Riski.

Seluruh TKI tersebut, kata Riski, telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di Tanjungbalai Karimun, Kepri.

“Mereka setelah lolos uji kesehatan sesuai standar protokol dan mendapatkan kartu HAC dari KKP Tanjungbalai Karimun. Para TKI ini berstatus orang dalam pengawasan (ODP) selama 14 hari,” kata Riski.

Para TKI ini berasal dari Riau, Sumatera Barat (Sumbar), Jambi, Sumut, dan Aceh.

“Mereka sudah dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing dengan menggunakan bus,” tutup Riski. (mb/detik)

News Feed