Bupati Natuna Ingatkan Serangan Covid-19 Tidak Pandang Bulu

Metrobatam.com, Natuna – Virus Corona atau yang lebih populer disebut dengan Corona Virus Disaese 2019 (Covid-19), merupakan salah satu jenis virus yang berbahaya dan mengancam nyawa manusia. Bahkan dalam penyebarannya, Virus yang berasal dari salah satu wilayah di Negara Tiongkok itu, tidak memandang strata sosial manusia. Baik itu masyarakat jelata maupun seorang pejabat elit di Pemerintahan sekalipun, juga bisa menjadi sasarannya.

Terbukti banyak kasus Covid-19 di Indonesia yang telah menyerang sejumlah Kepala Daerah, Anggota DPR hingga pejabat sekelas Menteri. Bahkan para dokter maupun tenaga medis lain yang nota benenya paham mengenai kesehatan, tidak luput dari serangan virus yang telah menyebar disebagian besar negara di dunia tersebut.

Demikian disampaikan oleh Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si., saat melakukan kunjungan kerja ke Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, pada Rabu (15/04) siang, bersama Satgas Penanganan Covid-19 Natuna dan Forum Kabupaten Sehat (FKS) Natuna.

Untuk itu Bupati menghimbau agar kita semua dapat ambil andil dalam menghalau penyebaran virus corona. Salah satu caranya dengan mengikuti anjuran Pemerintah, yaitu perbanyak melakukan aktifitas dirumah seperti beribadah maupun kegiatan lain yang dapat dilakukan dirumah. Hal ini bertujuan bagi memutus mata rantai penyebaran virus yang belum ditemukan vaksinnya tersebut.

Bacaan Lainnya

Upaya lain yang dapat dilakukan masyarakat yaitu dengan cara melakukan karantina mandiri selama 14 hari, jika merasa baru pulang dari luar daerah yang terpapar virus corona. Untuk itu Hamid Rizal sangat mengharapkan agar Tim Gugus Tugas Covid-19 dapat benar-benar serius dalam menangani masalah yang dimaksud, bagi keselamatan kita bersama.

Masih kata Hamid Rizal, bahwa Pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran terkait penanggulangan Covid-19 dan sudah disebar luaskan ditengah masyarakat. Untuk itu beliau meminta agar kita semua dapat mematuhi dan melakukan anjuran yang telah disampaikan oleh Pemerintah tersebut.

Sementara itu Camat Bunguran Barat, Tri Didik Sisworo menyampaikan, bahwa pihaknya telah membentuk Tim Gugus Tugas Covid-19 tingkat Kecamatan, dan sudah melakukan berbagai upaya pencegahan. Diantaranya melakukan penyemprotan cairan disinfektan disejumlah fasilitas umum, mengkarantina warga yang baru datang dari luar daerah, mendata Orang Dalam Pemantauan (ODP) serta memberikan sosialisasi tentang bahaya dan cara mencegah terjangkitnya Covid-19 kepada masyarakat.

Dalam lawatannya ke Kecamatan Bunguran Barat, Bupati Natuna juga menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Test kepada Tenaga Kesehatan, memberikan bantuan pangan kepada masyarakat terdampak, memberikan bantuan operasional untuk Tim Gugus Tugas Covid-19 serta menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bagi sejumlah rumah ibadah di Kecamatan Bunguran Barat.

Turut mendampingi Bupati, Ketua FKS Natuna Hj. Nurhayati Hamid Rizal, Dandim 0318/Natuna Letkol Czi. Ferry Kriswardana, S.Sos.,M.Tr(Han), Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian, SIK., serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna.

(Pro_Kopim/Sys)

Humas Kabupaten Natuna

Pos terkait