Di Sumatera Barat Bertambah 10 Kasus Baru Positif Covid-19

Ilustrasi

Metrobatam.com, Sumbar – Angka positif virus corona (Covid-19) di Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (24/4/2020) bertambah sepuluh kasus. Dengan begitu, total angka positif Covid-19 di provinsi tersebut jadi 96 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, menjelaskan dari sepuluh kasus itu, enam kasus di antaranya ada di Kota Padang, dua kasus oleh Kabupaten Pesisir Selatan, satu kasus oleh Kabupaten Mentawai, dan satu kasus oleh Kota Payakumbuh.

Read More

Di antara enam pasien positif di Padang adalah ibu rumah tangga 61 tahun, warga Kelurahan Pengambiran, Kecamatan Lubuk Begalung. Ia terinfeksi karena kontak dengan warga lain yang positif Covid-19. Ia melakukan isolasi di rumahnya di bawah pengawasan Semen Padang Hospital.

Ketiga, pria (60) warga Kelurahan Tarandam, Kecamatan Padang Timur. Ia terinfeksi di Pasar Raya Padang. Saat ini ia dirawat di RSUP M. Djamil.

Keempat adalah ibu rumah tangga (54), warga Kelurahan Tanah Sirah Piai Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung. Ia terpapar dari anaknya yang pulang dari Jakarta. Ia diisolasi di rumahnya.

Kelima, pria (8), pelajar, warga Pengambiran. Ia tertular dari warga di Pengambiran yang positif Covid-19. Ia diisolasi di rumahnya. Kasus keenam adalah wanita (28), tenaga kesehatan. Ia juga diisolasi di rumahnya.

Sementara dua pasien asal Pesisir Selatan, kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pessel, Rinaldi, merupakan dua wanita yang masing-masing berusia 40 dan 36. Kedua tenaga kesehatan sukarela itu bekerja di Puskesmas Tarusan. Mereka terinfeksi karena kontak dengan pasien sebelumnya yang positif. Mereka dikirim ke Bapelkes Sumbar untuk diisolasi.

Kasus lainnya ialah mahasiswi (19), warga Sipora Selatan, Kabupaten Mentawai. Ia terinfeksi karena berkontak dengan pasien positif di Mentawai. Ia dirawat di rumah sakit umum daerah setempat.

Satu kasus lainnya ialah pria (59), pedagang. Ia diduga terinfeksi sepulang dari Pasar Aur Kuning Bukittinggi. Ia dirawat di RS Achmad Mochtar Bukittinggi.

Jasman mengatakan bahwa dari 96 kasus positif Covid-19 di Sumbar, 17 orang sembuh, 10 orang meninggal, 24 orang dirawat di berbagai rumah sakit, 40 orang isolasi mandiri di rumah, dan 5 orang diisolasi di gedung Bapelkes Sumbar.

Jasman menambahkan, kini di Sumbar terdapat 300 pasien dalam pengawasan. Sebanyak 44 orang di antaranya masih dirawat sambil menunggu hasil tes laboratorium keluar, sedangkan 242 orang dinyatakan negatif, dan 14 orang melakukan isolasi mandiri. Sementara itu, orang yang sedang dipantau berjumlah 533 orang, dan orang yang selesai dipantau 6.779 orang.

(cnnindonesia/and)

Related posts